Kamis, 13 Februari 2014

Tentang 3dimensi Rendering

  Hey guys, kali ini aku mau bagi info tentang 3D (3D Dimensi) Rendering
 
3D (3 Dimensi) Rendering
3D Rendering yaitu merupakan proses untuk membentuk sebuah gambar dari sebuah model yang dibentuk oleh perangkat lunak animasi, model tersebut berisi tentang data geometri, titik pandang, tekstur dan cahaya yang diperlukan untuk membuat gambar yang utuh.
3D Rendering merupakan proses yang sangat penting dan telah digunakan untuk berbagai macam penggunaan, seperti program permainan komputer, efek spesial pada film dan program simulasi.

Hasil Proses 3D Rendering
Terdapat banyak hasil yang dapat diperoleh dan ditampilkan dari proses 3D Rendering pada suatu sketsa wireframe, diantaranya :

• Shading ; “Variasi warna dan kecerahan yang timbul pada suatu permukaan berdasarkan pencahayaan yang dilakukan”

• Texture-Mapping ; “Detail yang muncul pada suatu permukaan”

• Bump-Mapping ; “Kontur yang muncul pada suatu permukaan”

• Fogging / Participating Medium ; “Bagaimana berkas cahaya berubah jika melewati udara yang tidak murni”

• Shadows ; “Efek dari cahaya yang terhalang”

• Soft Shadows ; “Variasi efek dari cahaya yang terhalang tidak sempurna”

• Reflection ; “Refleksi yang tampak pada permukaan kaca atau gelas”

• Transparency ; “Transmisi cahaya yang berbeda-beda jika melewati medium tertentu”

• Translucency ; “Transmisi cahaya yang berbeda-beda jika memantul pada medium tertentu”

• Refraction ; “Cahaya yang berubah arahnya karena efek transparency”

• Indirect Illumination ; “Cahaya yang datang pada suatu objek namun tidak berasal dari sumber cahaya yang sebenarnya melainkan refleksi dari permukaan objek lain”

• Caustics ; “Pantulan cahaya menyilaukan yang timbul pada suatu objek”

• Depth Of Field ; “Objek yang berada jauh di depan maupun di belakang objek yang menjadi fokus akan tampak buram”

• Motion Blur ; “Objek yang bergerak dengan kecepatan tinggi atau objek yang direkam oleh kamera yang berada dalam kecepatan tinggi akan tampak buram”

• Photorealistic Morphing ; “Teknik yang memungkinkan hasil proses render objek 3D menjadi tampak terlihat lebih nyata”

• Non-Photorealistic Rendering ; “Teknik yang memungkinkan hasil proses render objek 3D menjadi terlihat seperti hasil lukisan atau gambar”

Semoga Bermanfaat . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar